Senin, 01 Oktober 2012

Drama setiap Pagi

Semenjak sudah aktif kembali di kantor, yang harus wajib hadir sesuai dengan absen finger print, selalu saja ada yang terjadi setiap mau berangkat pagi. Dan itu saya bilang drama setiap pagi.
Setiap pagi, saya selalu bangun pagi dan tidak tidur lagi sehabis sholat subuh. Banyak sih yang dikerjakan, dari tilawah sampe beresin pakaian yang sudah disetrika. Baru mulai masak setelah ART selesai cuci piring bekas malam. Masaknya pun dibantu kok, Bu iin yang meracik, saya yang masak. Selalu begitu setiap hari. Kadang masak juga sehari dua kali, karena masaknya hanya untuk pagi sampai sore, sedangkan makan malam biasanya masak lagi yang baru atau beli sate langganan yang lewat depan rumah. Sehabis masak, Bu Iin biasanya nyapu dan ngepel. Sembari bu Iin nyapu dan ngepel, pak Suami mandiin anak-anak lalu saya mandi sambil nyuci baju bekas dipakai. Drama setiap paginya adalah   bangunnya anak-anak siang, kadang pas bu Iin mau nyapu, dan mereka masih minta leyeh-leyeh di kasur depan TV, padahal sudah diangkat dan dibersihkan karena mau disapu. Sayangnya lagi, kadang juga pak suami selalu bangun kalo alarm hidupnya bangun, kalo belum bangun ya ga akan bangun. Apalagi si genduk, Syanda, selalu minta sari kurma habis bangun tidur.
Kadang sudah terkontrol sampe ada masakan dan anak-anak mandi pada jam 7 jam 8, jadi tinggal nyuapin sarapan pagi dengan keliling komplek style baju kantor. Etapi selalu ada aja yang tidak bisa buat berangkat pagi, ya itu misalnya Bu Iin belum selesai jemur, sarapan pagi atau dandan kelamaan. Soalnya paling ga bisa ninggalin anak-anak kalo Bu Iin belum selese kerjaannya, takut anak-anak ga diperhatiin coz malah fokus sama kerjaan bukan ngasuh anak-anak, ngajarin dan ajak main.
Habis makan, anak-anak ngerengek minta jajan bahkan kalo bisa sampe ke I***mart, sekalian jalan-jalan pake motor mungkin pikir mereka. Haduh kalo udah minta jalan-jalan, itu bisa 1 jam, nanti mau pulangnya lewat jembatan berangin kek, mau makan bubur di tempatnya lah, dsb nya. kalo gitu saya sudah misuh-misuh dalam hati aja sambil dadah sama finger print.
Belum lagi kalo sudah mau sekolah dan maunya minta diantar bunda pakai motor, dan ga mau ditinggal sampe rasa nyamannya terpenuhi. Dan akhir dari dramanya adalah kalo saya dibolehin pergi dan mereka cium tangan tanpa ada rasa nangis, malah sambil bilang dada Bunda, hati-hati ya. Tapi itu jam 10 atau 10.30 sodara-sodara.
Alhamdulillah, selama ini dapat jatah ngajarnya siang terus jadi ga masalah sih, ga tau ke depannya. Dan saya sudah bilang dengan pak suami, saya ga mau dibebanin dengan uang makan dan transport sebesar kurang dari 1 jeti itu (kalo ditotal), karena saya lebih baik hilang uang itu daripada saya kehilangan hidup dengan anak-anak saya, saya lebih rela nemeni mereka jalan jalan atau nemeni mereka sekolah, daripada mereka sekolah sama ART. Tapi di sisi lain, saya bangga, saya masih bisa masak masakan sendiri untuk anak saya, masih bisa nyuapin sarapan, masih bisa dampingi saat sekolah and i m working mom. Gimana peran pak suami? Ya seperti biasa, pak suami pergi aja sesuai dengan kepentingannya, kalo lagi kosong ya bantu saya nyuapin  anak.
Karena kata Bu Elly Risman, anak itu adalah titipan, tolong banget dijaga, karena suatu saat kita akan diminta pertanggungjawababnnya oleh Yang Menitipkan, yaitu Alloh. Satu hal, rezeki itu juga bukan diukur dari materi. Rezeki itu adalah surga kecil keluarga kami. Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar